Sejarah Situs Video Online Youtube

Hai sobat Blogger.!
Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai sejarah dari situs video online terkenal yang bernama Youtube.
Awal mula sejarah dari situs Youtube dimulai pada tahun 2005 ketika dibangun oleh perusahaan pembuatnya yaitu Pyralabs,Inc ,namun kemudian pada tahun 2006 Youtube dibeli oleh raksasa internet yaitu Google. Seperti yang kita ketahui ,Youtube merupakan situs berbagi video yang sangat populer di dunia maya.
Jadi tidak heran bila para pengguna internet (Netter) yang hobi menonton video secara streaming (Online), sudah tidak asing lagi dengan nama Youtube. Youtube adalah situs  utama untuk berbagi atau pun menonton video di internet, dan jumlah penggunanya merupakan yang terbesar di dunia.
Berbagai macam video ada di Youtube, termasuk beranekaragam film juga tersedia di situs ini. Nah jika diibaratkan sebuah bioskop maka Youtube dapat dikatakan sebagai bioskop online terbesar di dunia. Itu cukup beralasan, sebab setidaknya terdapat ratusan juta bahkan miliaran video yang siap kita tonton di Youtube. Dan semua video itu dapat ditonton setiap saat, kapan pun dan dimana pun kita berada.
Untuk bisa menonton video di Youtube, tentu harus dengan sarana pendukung seperti komputer atau laptop yang telah terhubung ke internet. Bahkan sekarang ini ,Youtube pun telah dapat ditonton meski hanya melalui hp cerdas(Smartphone) atau pun tablet.
Namun perlu untuk kita ketahui ,bahwa tidak semua video yang ada di Youtube dapat langsung di tonton, beberapa video yang ada terkadang memerlukan persyaratan tertentu untuk dapat dilihat. Video yang dimaksud tersebut seperti jenis video dengan konten dewasa dan beberapa jenis video lainnya yang harus melewati filter karna kebijakan di suatu negara atau oleh kebijakan Google sendiri.
Di Youtube, kita dapat mengunggah berbagai video yang kita miliki agar dapat di lihat oleh pengguna internet lainnya.  Namun untuk bisa mengunggah video di youtube maka kita harus memiliki akun Google seperti email di Gmail ataupun akun email lainnya seperti Yahoo mail ataupun email Outlook agar dapat melakukan registrasi dan log-in(masuk) ke Youtube.
Nah setelah kita berhasil log-in, maka kita pun sudah bisa mulai mengunggah berbagai video yang kita inginkan dan setelah video berhasil terunggah maka video itu pun sudah dapat dilihat oleh para pengguna internet di seluruh dunia. Di Youtube, selain dapat ditonton secara streaming, berbagai video yang ada juga dapat dengan mudah kita unduh (Download) dengan bantuan aplikasi tertentu. Nah menarik bukan ,sobat Blogger.!
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, dari sejarahnya Youtube adalah situs video online  yg dibeli oleh Google dari perusahaan pendiri Youtube yang bernama Pyralabs,Inc. Dan setelah resmi menjadi milik Google, Youtube pun semakin berkembang pesat dan akhirnya mendominasi dan bahkan menjadi raja situs berbagi video di dunia maya. Dalam perkembangannya, Youtube dapat di manfaatkan oleh para pengguna internet untuk berbagai tujuan atau keperluan tertentu seperti melakukan promosi, kampanye politik, dan lainnya. Bahkan beberapa orang di dunia berhasil meraih popularitas berkat mengunggah videonya di Youtube.
Saat ini, Youtube masih menjadi situs berbagi video yang paling digemari di seluruh dunia, dan  hal itu dapat terlihat jelas dari semakin besarnya jumlah akun pengguna yang menggunakan jasa Youtube untuk mengunggah dan berbagi video ke pengguna internet di seluruh dunia. Salah satu yang menjadi alasan dari hal tersebut tentu karna faktor layanan Youtube yang bersifat free(Gratis) ,artinya semua orang dapat mengunggah video di Youtube tanpa biaya sepeserpun. Selain itu, Youtube memang termasuk layanan yang cukup mudah untuk digunakan oleh siapa saja.
Dari jumlah pengguna Youtube yang begitu banyak, maka Google pun dengan mudah meraup keuntungan yang sangat besar dari layanan video streamingnya ini. Jadi tidak heran jika Youtube pun menjadi salah satu ladang bisnis iklan yang potensial bagi Google. Coba lihat ketika kita membuka Youtube, iklan bertebaran dimana-mana di halaman situs video itu. Dengan berbekal kesuksesan Youtube, Google pun terus diakui sebagai salah satu raksasa teknologi yang disegani diseluruh dunia.
Youtube merupakan salah satu layanan yang menjadi prioritas utama dari Google sebagai sebuah lini bisnis periklanan internet. Jadi selama Youtube terus eksis sebagai situs video online terbesar di dunia dengan ratusan juta bahkan miliyaran pengguna ,maka selama itu pula uang akan terus mengalir tanpa henti menuju berangkas Google. Wow ,akan semakin kaya yah si om Google ini.!
Mungkin sekian dulu ulasan kita mengenai  sejarah situs video online milik Google yang bernama Youtube. Terimakasih

3 Responses to "Sejarah Situs Video Online Youtube"